Minggu, 19 Mei 2024

Pawai Obor dalam rangka memperingati Hari Santri 2023 Desa Purwosari

Pawai Obor dalam rangka memperingati Hari Santri 2023 Desa Purwosari

Pawai Obor dalam rangka memperingati Hari Santri 2023 Desa Purwosari

Peringatan Hari Santri di Desa Purwosari berlengsung meriah dan mendapat sambutan dan antusiasme yang sangat luar biasa. Peringatan tersebut dimeriahkan dengan pawai obor. Pawai obor dilaksanakan pada malam Ahad tanggal 21 Oktober 2023 pawai obor ini diikuti oleh berbagai kalangan, baik dari RT-RW, Santri dari Mushola dan Masjid/Pesantren, Klembagaan NU, Fatayat, Banser, dan lain sebagainya. Pawai Obor  dimulai dari lapangan desa Purwosari kemudian menuju ke arah barat sampai Masjid As Siroj kemudian ke selatan dan ke timur lewat utama kemudian kembali lagi ke lapangan.

Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Hari Santri merujuk pada sebuah peristiwa sejarah perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peringatan ini dirayakan sebagai bentuk penghormatan pada KH Hasyim Asy'ari atas jihadnya dalam menolak penjajah.

Peringatan Hari Santri Nasional pertama kali ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari santri. Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai hari peringatannya.
Merujuk pada tahun ditetapkannya tersebut, tahun 2023 ini menjadi peringatan Hari Santri Nasional yang ke-9. Hari Santri Nasional tahun ini jatuh pada hari Minggu, 22 Oktober 2023.
Sementara jika merujuk pada peristiwa sejarah resolusi jihad KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945, maka Hari Santri Nasional 2023 memasuki peringatan ke-78 tahun.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), peringatan Hari Santri dilatarbelakangi oleh usulan masyarakat pesantren sebagai momentum untuk mengingat, mengenang, dan meneladani kaum santri yang telah memperjuangkan kemerdekaan pada masa silam.

Awalnya, usulan ini menuai polemik. Ada banyak yang setuju, namun ada pula yang menolak. Setelah melalui banyak pertimbangan, Presiden Joko Widodo pun memutuskan untuk menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Selain mengenang dan menghormati jasa perjuangan ulama Kyai Hasyim Asyari dan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Hari Santri juga bertujuan sebagai bahan refleksi bagi Pemuda Pemudi untuk terus meningkatkan kualitas diri para santri.

Video Youtube: https://youtu.be/CcbcJvapL9w

Youtube: Pemdes PurwosariPuring

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung